Inovasi Pembelajaran (ulangan lisan mapel TIK)

Memang sebagai seorang yang berkarya dalam dunia pendidikan, khususnya dalam dunia sekolah yang secara langsung terjun dan berhadapan dengan individu-individu muda yang masih sangat membutuhkan bimbingan dan evaluasi dari kita (guru) yang telah dianggap telah dewasa dalam dunia pendidikan (pembelajaran).
Kali ini saya benar-benar berani mengambil tindakan (inovasi) dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, khususnya dalam kegiatan belajar mengajar (pengajaran) yang telah saya lakukan dengan memberikan serta menggali materi yang dibahas dalam kegiatan ini.
Evaluasi yang saya maksud disini adalah kegiatan mengevaluasi hasil pembelajaran siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh saya selama kurang lebih 2 bulan sebelum Ulangan Tengah Semester 2 dimulai.

Semester sebelumnya saya tidak terpikir untuk menggunakan teknik evaluasi (ulangan) secara lisan (tatap muka) langsung dengan murid. Mata pelajaran yang saya ampu memang bisa dianggap tidak cocok untuk melalukan evaluasi (ulangan) lisan ini, karena mata pelajaran yang saya ampu adalah mata pelajaran yang notabene membutuhkan kegiatan praktik. Evaluasi (ulangan) lisan yang saya lakukan memang mengandalkan kemampuan siswa dalam memahami dan menghafal materi yang telah dipelajari. Karena kegiatan ulangan yang saya lakukan ini selain harus mengandalkan kemampuan pemahaman dan hafalan siswa, ulangan ini juga saya wajibkan bagi siswa untuk dapat mempraktikkan materi praktik yang telah mereka pelajari selama beberapa kali pertemua (pembelajaran) yang telah dilaksanakan.

Dalam kegiatan ulangan lisan ini saya meminta kepada siswa untuk menerangkan semua materi yang telah mereka pelajari selama kurang lebih 2 bulan pertemuan. Selain meminta kepada siswa untuk menjelaskan/menerangkan kembali dengan bahasa mereka sendiri materi yang telah mereka pelajari, siswa juga saya minta untuk mempraktikkan materi praktik yang telah mereka pelajari pada pertemua-pertemuan sebelumnya. Hal ini karena selain materi-materi teori yang dipelajari di awal semester ini, ada pula materi praktik yang harus mereka kuasai seperti bagaimana cara mensetting periperal komputer berbasis open source (ubuntu) dan bagaimana cara menginstal sistem operasi Linux Ubuntu.

Kegiatan evaluasi semacam ini, selain dapat membantu guru dalam mengetahui bagaimana tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan kepada mereka, saya juga bermaksud mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ulangan Tengah Semester yang dalam waktu dekat akan segera  dilaksanakan pada bulan ketiga ini. Dalam Ulangan lisan (tatap muka) ini, saya tidak memberikan satu pun pertanyaan kepada siswa berkenaan dengan materi. Saya hanya meminta kepada siswa untuk menerangkan kembali apa yang telah mereka pelajari selama kurang lebih 2 bulan ini. Saya hanya membantu siswa dengan menyediakan sebuah catatan di papan tulis yang terdiri dari judul-judul pokok materi yang telah dipelajari. Sedangkan untuk praktik saya menyediakan sebuah komputer yang siap dioperasikan untuk mensetting periperal dan juga menyediakan beberapa gambar langkah-langkah instalasi sistem operasi Ubuntu, dan siswa tinggal menjalankan apa yang sudah saya sediakan di komputer tersebut dengan menjelaskan bagaimana langkah-langkah mensetting periperal dan bagaimana langkah-langkah menginstal sistem operasi Ubuntu dengan benar.

Adapun penilaian yang saya lakukan meliputi beberapa hal, yaitu :

  • Kemampuan siswa dalam menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari (ini dilihat dari tingakat pemahaman dan kemampuan siswa dalam menjelaskan materi yang telah dipelajari).
  • Seberapa banyak materi yang telah dipahami (maksudnya apakah semua materi yang tertulis di papan tulis dapat dijelaskan semua atau tidak).
  • Kemampuan siswa dalam mempraktikkan materi praktik yang telah dipelajari.

Meskipun kegiatan evaluasi semacam ini dapat sekali membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester, namun kegiatan ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengevaluasi seluruh siswa. Hal ini terjadi karena tidak mungkin dapat dilaksanakan evaluasi ini dalam 2 jam pelajaran sedangkan siswa yang harus dievaluasi kurang lebih 30 orang siswa, sehingga dibutukan lebih dari satu kali pertemuan untuk melaksanakan kegiatan evaluasi semacam ini.

Leave a Reply

