Jujur Ancur(hancur)

Tulisan ini saya copy-paste dari salah seorang dosen Universitas yang memposting tulisan ini di dinding kronologi facebooknya. Tulisan aslinya bisa dilihat dengan mengklik disini, dan inilah tulisan tersebut.

“Saya copy-paste dari mailing list group “Puskur”:

“Ada Kepsek yang cerita kepada saya, sekolahnya berjuang untuk jujur saat UN, lalu ada peserta UN di sekolahnya yang tidak lulus UN, lalu Kepala Sekolah dipanggil ke kantor Dinas, lalu di kantor Dinas dimarahi habis-habisan. Pasalnya, kata yang marah di kantor Dinas itu, akibat Kepsek jujur, menyebabkan ada peserta UN yang tidak lulus, dan itu menyebabkan orang di kantor Dinas itu dimarahi oleh orang di kantor Dinas yang lebih tinggi lagi. Kalau yang begini bagaimana ya?”

Ditambah lagi:

“Cerita yg sama dialami oleh Adik saya yg mengajar di daerah. Mereka mencoba jujur, lalu dipanggil ke Kantor Dinas. Diberi penjelasan, bahwa itu hanya membuat masa depan sekolah makin rusak. Guru harus membentuk tim. Membantu siswa. Lalu Kepala Sekolah dipanggil ke Dinas Pendidikan, karena nilai raport Semester 5 dari beberapa siswa terlalu rendah. Suruh diganti lagi.
Bayangkan UN telah mengajarkan apa ke generasi bangsa kita?”

Saya jawab: “Kalau saya, mending semua anak lulus saja, jadi tidak usah ada Ujian Nasional, memang tidak standar, tapi ini khan standar juga ambigu, karena ingin semua anak yang punya bakat minat berbeda diukur dengan satu alat ukur yang sama, yaitu UN. Menurut saya juga bukan ujian sekolah, tapi ujian “individual” sesuai dengan bakat & minat siswa, jadi negara dan sekolah punya paket ujian untuk anak berbakat ini dan itu. Bukan satu alat ukur untuk semua anak yang beda minat, bakat, cita-citanya.”

Jadi, sekarang terserah Anda yang membaca tulisan ini, mau jujur dan dibenci(dimarahi) oleh “mereka”, atau mau tidak jujur tapi disegani dan disayang oleh “mereka”?
Karena, keputusan 100% ada di tangan kita masing-masing, dan risiko (dunia-akhirat) juga kita sendiri yang menanggungnya, bukan orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s