My Next Semester “Crazy” Plans

Saya memang bukan tipe guru yang selalu mau mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah untuk keperluanku mendidik murid-muridku. Bukan hanya kadangkala, tapi aku selalu berusaha untuk membuat inovasi atau mencari/meniru inovasi yang sudah ada dan sudah dipraktikkan oleh orang lain. Inovasi-inovasi itu selalu aku usahakan untuk bisa aku implementasikan dalam kegiatan belajar mengajarku di kelas. Seperti tulisan yang sebelumnya aku berinovasi “gila” (aku menyebutnya begitu) dengan mengadakan tes/ujian TIK secara tatap muka (lisan) dan praktik yang menuntuk siswa untuk mampu menjelaskan kembali materi yang sudah mereka pelajari bersamaku di kelas ataupun di luar kelas(secara online via blog learningku).

Nah, untuk semester depanpun aku sudah memiliki beberapa rencana “gila” yang ingin aku implementasikan kepada murid-muridku besok. Itu semua pun tergantung apakah tahun ajaran baru besok aku masih ngajar TIK atau tidak. Kan, tau sendiri kalau kurikulum baru 2013 bakal diterapkan di sekolahan, dan kabarnya pelajaran TIK bakal digabungkan dengan mata pelajaran lain. Itu artinya pelajaran TIK bakal hilang karena digabungkan dengan pelajaran lain. Tapi, whateverlah, aku punya rencana dan ingin aku terapkan (realisikan) rencana itu, soal tahun depan itu urusan tahun depan yang penting aku sudah punya rencana untuk membuat pembelajaran mata pelajaranku lebih asik lagi.

Berikut ini adalah beberapa rencana yang sudah terpikirkan di benakku :

  1. Aku bakal mewajibkan muridku untuk bisa menyanyi lagu apapun itu yang mereka sukai, dan itu harus mereka tunjukkan di depan murid-murid yang lain di depan kelas. Tentu saja aku akan terlebih dahulu menyanyi untuk mereka. Nah, bagaimana bila ada murid yang gak suka nyanyi, itu gak masalah, mereka akan aku berikan kesempatan untuk menunjukkan hal yang mereka sukai untuk menyenangkan diri mereka sendiri, semisal main game, jalan-jalan atau apapu itu. Iya betul sekali, maksud dari rencanaku yang pertama ini adalah aku pengen agar murid-muridku bisa dan tau bagaimana cara menyenangkan diri mereka sendiri agar pikiran dan jiwa mereka tidak tertekan dengan banyaknya tugas dari sekolah. Karena, setelah hamper setahun aku ngajar di sekolah ini, aku tahu bahwa murid-muridku itu terlalu tertekan dengan berjibunnya tugas dan aktifitas mereka baik di sekolahan maupun di luar sekolahan (les, kursus, ekstra dll). So, sangat berharap sekali mereka semua bisa dan tau bagaimana cara menyenangkan diri sendiri setidaknya untuk menyegarkan jiwa dan pikiran mereka dari tugas dan aktifitas yang padat itu.
  2. Rencana yang kedua adalah terdiri dari beberapa rencana yang ingin aku berikan/laksanakan tahun depan, yaitu :
    • Memberikan tugas kepada muridku untuk mencari dan mempelajari apa itu “Pendidikan”, maksud dari tugas pertemuan pertama ini adalah agar murid-murid bener-bener tau dan paham serta tidak salah kaprah mengartikan apa itu “pendidikan”.
    • Memberikan tugas kepada muridku untuk mencari dan memahami tentang metode pengajaran/pembelajaran dan juga belajar. Ini maksudnya adalah agar mereka semua paham kenapa guru ngajar kok ceramah terus, kok praktik terus, kok diskusi terus. Selain itu agar mereka lebih kritis terhadap metode mengajar guru yang dianggap mereka membosankan, gak asik, gak “fun”, agar mereka (siswa-siswi) bisa menentukan sendiri metode yang cocok untuk pokok bahasan/materi yang akan mereka pelajari. Selain itu, disini aku berencana untuk tidak selalu menuntuk mereka dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Aku ingin murid-muridku lebih aktif dan aku hanya berperan sebagai pembantu dan pembimbing mereka bila itu dibutuhkan atau bila terdapat kesalahan yang tidak mereka sadari kesalahan itu. Ini juga merupakan cara saya untuk membuat pembelajaran tidak monoton dan dikuasai oleh guru. Karena sekarang bukan jamanya lagi guru berkuasa di kelas, sekarang jamannya murid lebih aktif dan guru membantu siswa untuk aktif belajar. Ini juga cara saya untuk membuat pembelajaran lebih fun dan enjoy, agar murid tidak bosan dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru setelah mereka mengetahui berbagai macam jenis metode dalam pembelajaran/KBM.
    • Saya aku meminta kepada murid-murid untuk memahami fakta/realita pendidikan di Indonesia yang selama ini telah mereka alami dari semenjak TK/PAUD hingga sekarang. Ini bermaksud agar mereka bener-bener paham bahwa realita pendidikan di Indonesia yang sesungguhnya adalah ya seperti yang mereka rasakan itu. Dimana mereka merasakan kebosanan, kejenuhan, kebahagiaan dalam menghadapi sekolah dan tugas yang berjibun itu, dimana nilai selalu mereka agung-agungkan agar dianggap pinter. Agar bisa masuk universitas favorit, agar tidak dimarahi orang tua mereka. Disini juga aku ingin agar murid-muridku bener-bener paham bahwa tidak harus dengan angka/huruf kepintaran/kemampuan mereka dinilai, tapi lebih dari itu.
    • Rencana yang selanjutnya adalah aku akan meminta siswa untuk mencari tahu pebedaan realita pendidikan di Indonesia dan di luar negeri, entah itu dimanapun Negara yang telah memiliki pendidikan yang “keren”. Maksud dari rencana ini adalah agar mereka memiliki pandangan yang luas tentang kenyataan perbedaan yang sangat jauh tentang pendidikan di Negara kita sendiri dan Negara orang lain di luar sana.

Selain itu semua, rencana-rencana di atas juga bermaksud untuk memberikan mereka motivasi siswa bahwa mereka bisa mendapatkan yang lebih baik lagi dari pendidikan yang akan mereka enyam di bangku sekolahan. Kalau dipikir-pikir iya memang itu semua (di atas) merupakan makanan bagi mahasiswa, tapi aku piker gak ada salahnya dan malah justru baik sekali ketika guru ataupun pihak sekolah memberikan materi/tugas semacam itu (di atas) agar para siswa-siswi mereka memiliki pandangan luas tentang dunia pendidikan yang sedang akan mereka enyam di sekolahan.

Mungkin rencana-rencana di atas hanya baru sebagian dan aku berharap setiap waktu aku bisa menemukan ide-ide atau pikiran-pikiran “gila” seperti ini untuk pendidikan yang lebih baik.

Oh ya, saran, kiritik dan ide yang lainnya saya tunggu melalui kotak komentar di bawah ya.

See yaaaa next post ?

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

