Guru Pelit (?)

Entah kenapa kok murid-muridku ada yang bilang aku pelit ngasi nilai. Mungkin karena nilai mereka sedikit-sedikit ? padahal aku sudah berkali-kali bliilang ke mereka sebelum ulangan tengah semester agar nanti ketika menjawab pertanyaan uts untuk menjawab dengan jawaban yang panjang lebar (bukan jawaban singkat0. Tapi alhasil masih aja ada yang menjawab secara singkat dan terpaksa harus aku kasih nilai yang singkat pula.

Pada dasarnya semua guru ingin memberikan nilai yang banyak untuk muridnya, karena pastinya ketika guru memberikan nilai yang sedikit guru itu harus mengkatrol(menaikkan) nilai murid tadi agar bisa lulus dan nama baik sekolahan terjaga. Itu sudah menjadi rahasia umum, yang menggambarkan bahwa kemampuan siswa tidak seperti hasil dari ulangan/ujian yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Hal semacam ini tidak semerta-merta bisa dikatakan langsung ke murid, karena bila nanti dikatakan langsung ke murid, mereka akan menganggap remeh pelajaran yang diajarkan oleh guru. Meskipun ini bukan hal yang bagus untuk pendidikan, tapi memang iniĀ  tuntutan yang ada baik itu dari pihak sekolah ataupun dari pihak pemerintah sendiri. Dan mau tidak mau, guru harus mengikuti hal itu, kalau tidak ingin disingkirkan dari jalur yang sedang dilewati.

Mungkin ini juga adalah imbas dari fenomen Ujian Nasional yang mengharuskan siswa lulus dengan nilai minimal. Coba saja kalau tidak ada ujian nasional, pasti tidak akan terjadi hal semacam ini, ini bisa aku buktikan dari nilai-nilai raportku semasa sekolah dulu yang isinya angka 6, 7, 8, tidak ada angka 9 ataupun angka 10 di sana. Karena memang yang tertulis di raport itu adalah niali murni dari apa yang aku dapatkan dari keseharian, ulangan semester, dan penugasan yang diberikan oleh guru kepadaku.

Aku gak malu dengan nilai-nilai itu, toh itu hanya nilai. Aku bisa saja mengganti nilai-niali itu kalau aku mau, tapi kalau aku ganti gak ada dong kenangan yang bisa aku kenang selama sekolah dulu.

So, semoga aja kegiatan pengkatrolan nilai tidak lagi diteruskan di jaman-jaman ini dan kelak, semoga siswa dan guru mulai sekarang menjadi lebih berkompeten dan keren, amin.

Leave a Reply

